Minggu, 13 Oktober 2024

Inovasi Pembelajaran


                                               INOVASI PEMBELAJARAN 

"Pembelok Berisik Nan  CanTIK"
(Pembelajaran Berkelompok Berasa Asik dengan Kecanggihan TIK) 

ND Edukasi- Praktik baik yang saya lakukan dan ditayangkan dalam video ini, merupakan implementasi pembelajaran berdiferensiasi, saya namakan "Pembelok Berisik Nan CanTIK" atau Pembelajaran Berkelompok Berasa Asik dengan Kecanggihan TIK.

Pemilihan pembelajaran berdiferensiasi ini karena terdapat perbedaan profil belajar murid yang ada di kelas. Harapannya melalui pembelajaran "Pembelok Berisik Nan CanTIK" ini proses pembelajaran akan menjadi lebih dinamis dan menyenangkan serta dapat mengkondisikan kebutuhan murid.

Pembelajaran berkelompok  ini saya integrasikan dengan teknologi saat ini yang cukup canggih dan beragam. Platform digital yang saya gunakan yaitu Youtube, Platform Mengajar Merdeka (PMM), Quizziz, Media Pembelajaran Interaktif (MPI)  dengan Canva, dan aplikasi Pijar Sekolah. 

Materi Pembelajaran       : Dampak Sosial Informatika 

fase / Kelas                    : F / XII

Tujuan Pembelajaran    : Murid memahami penggunaan media sosial dengan benar dan edukasi kepada masyarakat tentang UU ITE 

langkah-langkah     :

Kegiatan yang dilakukan adalah guru mengobservasi profil dan kesiapan belajar murid terhadap materi yang akan dipelajari melalui asesmen awal pembelajaran.

Guru memilih strategi dan media pembelajaran dengan tujuan agar bisa mengakomodasi kebutuhan murid

1. Memilih Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Pembelajaran Berkelompok

Pembelajaran berdiferensiasi melalui metode diskusi kelompok merupakan pendekatan pembelajaran dimana murid berdiskusi dengan kelompoknya untuk menyelesaikan projek namun semua anggota kelompok terlibat dalam menyelesaikan projek tersebut.

Dalam metode ini, murid menghadapi suatu masalah untuk didiskusikan, dibahas, dan mencari solusi bersama. Proses pembelajaran metode diskusi kelompok ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

Model pembelajaran ini memungkinkan guru lebih efektif dalam mengelola kelas dan murid saling membelajarkan sesama murid lainnya.

Inovasi pembelajaran yang telah saya lakukan adalah :

1. Kelas yang berisi 36 murid saya kelompokkan menjadi 6 

2. Pembelajaran berbasis projek yang berbeda di setiap kelompoknya

3. Setiap anggota kelompok secara rinci dan jelas diberikan tugas masing-masing dan hanya bisa dikerjakan secara berkelompok namun memiliki tanggung jawab individu jadi nilai yang akan mereka dapatkan bukan ditentukan oleh kerja kelompok saja namun kualitas produk tetap menjadi tanggung jawab individu anggota kelompok itu sendiri. 

Hal ini yang menyebabkan murid tidak mungkin mengandalkan kerja anggota kelompok lainnya namun harus mampu menyelesaikan sendiri. 

Ini dimaksudkan agar membentuk profil pelajar pancasila yaitu gotong royong, mandiri, dan kreatif. 

4. Produk yang dihasilkan harus dishare di whatsapp grup kelas agar kelompok lain bisa ikut menyimak karena setiap kelompok memiliki materi dan produk yang berbeda.

5. Presentasi produk yang mereka hasilkan di depan kelas dengan cara random sehingga semua anggota kelompok harus siap untuk presentasi tanpa mengandalkan anggota kelompok tertentu saja. 

2. Menyiapkan Media Pembelajaran, 

Beragam  media pembelajaran yang saya sajikan di kelas adalah :  video pembelajaran materi "Dampak Sosial Informatika" melalui platform PMM, presentasi (PPT), Media PembelajaranInteraktif (MPI) dengan Canva.   

3. Menyiapkan Soal Asesmen, 

Asesmen dilakukan pada akhir pembelajaran dan guru menyiapkan soal asesmen tersebut berbentuk asesmen sumatif menggunakan aplikasi Quizziz dan Pijar Sekolah. 

Penyajian asesmen dilakukan dengan mode digital dan menggunakan HP murid masing-masing karena setiap murid fase F sudah memiliki sarana tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi metode diskusi kelompok mempunyai potensi besar untuk meningkatkan keterlibatan murid, merangsang motivasi belajar, membangkitkan minat, dan berfokus pada murid. 


Gambar 1. Hasil Asesmen menggunakan Quizziz 



Gambar 1. Aplikasi Pijar Sekolah 

Berikut adalah beberapa kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan dan kegiatan yang mendukung aktivitas murid, menumbuhkan gotong royong (kerjasama), dan menarik bagi murid serta meningkatkan motivasi yaitu : 

aInteraksi  dan Keterlibatan Murid, 

Metode diskusi kelompok menciptakan ruang bagi murid untuk saling berinteraksi, bertukar ide, mengembangkan potensi berkomunikasi, memperdalam pemahaman, mencari solusi dari suatu masalah, dan pengambilan keputusan sehingga memungkinkan kesempatan keterlibatan murid.

bKerjasama dalam Kelompok

Permasalahan yang muncul dan harus diselesaikan sangat membutuhkan kerjasama dalam kelompok. 

cTeknologi Mendukung dalam Meningkatkan Motivasi, 

Perkembangan teknologi yang ada, sangat mendukung terselesaikannya masalah yang mereka hadapi. Ini mampu meningkatkan motivasi mereka dalam pembelajaran. Teknologi yang mereka gunakan memberi pengalaman yang lebih interaktif dan menarik 

d. Mengintegrasikan Teknologi 

Diskusi kelompok dengan mengintegrasikan teknologi digital memberikan variasi dalam proses pembelajaran, sehingga karakter generasi z yang mudah bosan mampu menjadi solusi dalam penggunaan teknologi tersebut dan bisa menciptakan  lingkungan pembelajaran yang lebih kompleks serta dinamis. 

  • Pembelajaran kelompok yang saya lakukan ini berbeda dari pembelajaran yang dilakukan saya sebelumnya. Hal ini dipicu dari latar belakang dimana murid mengalami tingkat kebosanan tingkat akut karena merasa pembelajaran yang mereka alami monoton. 
  • Pembelajaran kelompok biasanya yang mengerjakan hanya anggota kelompok tertentu saja sedangkan anggota kelompok lainnya pasif. 
  • Beberapa murid mengeluh jika guru melakukan pembelajaran berkelompok justru mereka merasa malas karena jika kelompok terdiri dari 6 anggota hanya 2-3 anggota saja yang mengerjakan
  • Hal itu saya atasi dengan memberikan rincian yang jelas apa saja tugas setiap anggota kelompok agar projek yang harus mereka hasilkan bisa dilakukan oleh semua anggota tanpa mengandalkan hanya anggota tertentu saja
  • Presentasi yang mereka lakukan di depan kelas, biasanya diserahkan pada murid tertentu yang dianggap mampu berkomunikasi dengan baik sehingga anggota kelompok lain tidak berusaha untuk bisa melakukan hal yang sama
  • Namun pembelajaran kelompok yang saya lakukan, menuntut semua murid mampu mempresentasikan di depan kelas dan harus mempelajari materi yang akan dipresentasikan tanpa mengandalkan temannya yang biasa melakukan presentasi
  • Hal ini karena presentasi dilakukan sistem random siapa yang harus maju mempresentasikan
  • hasilnya luar biasa, dari 6 kelompok tersebut 4 kelompok mampu mempresentasikan dengan sangat baik 
  • selama proses pembelajaran tidak ada murid yang menganggur dan mengantuk seperti pembelajaran sebelumnya
  • dukungan sarana dan prasarana serta penggunaan kecanggihan teknologi yang ada membuat pembelajaran berkelompok ini menjadi lebih asik dan dinamis 
  • Kesimpulan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi melalui pembelajaran berkelompok adalah  model pembelajaran yang berpotensi besar dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif, meningkatkan interaksi komunikasi yang efektif, dan memberikan nuansa dinamis dan menarik. 
Berikut video inovasi pembelajaran yang sudah dilakukan :

81 komentar:

  1. Judulnya keren, Bu. Isinya pun ngga kalah keren...

    BalasHapus
  2. bismillah semoga sukses bu ND..jangan patah semangat dan selalu bersyukur

    BalasHapus
  3. Judulnya unik-unik nggih buu, sangat kreatif dan inovatif

    BalasHapus
  4. keren sekalii judulunya buu...

    BalasHapus
  5. sangat inspiratif sekali buuuuu

    BalasHapus
  6. Sangat Unik Sekali Judul beserta isinya, Sangat Inspiratif, Semangat Bu ND!!!!!!

    BalasHapus
  7. MasyaAllah.... inovasi pembelajaran yang sangat menarikk

    BalasHapus
  8. Sangat menginspirasi dan kreatif ibuu, semangat bu nd

    BalasHapus
  9. sukses selaluuu ibuuu semangatt

    BalasHapus
  10. Praktik baik dan pembelajaran diferensiasi yang sangat bermanfaat, masya Allah... Sukses selalu...

    BalasHapus
  11. Kreatif sekaliiii dan sangat menginspirasi Ibuuuu

    BalasHapus
  12. Kreatif dan inovatif bu ND kerenn

    BalasHapus
  13. bu nd selalu menginspirasii, hebatt

    BalasHapus
  14. semangat ibuu,keren sekali selalu memotivasi

    BalasHapus
  15. semangat ibu sangat memotivasi banget keren sekali

    BalasHapus
  16. Masya Allah Masya Allah 💖💖💖

    BalasHapus
  17. sangat memotivasi kita semua apa yang disampaikan

    BalasHapus
  18. Keisha Zahrani Namri20 Oktober 2024 pukul 22.56

    Semangat terus ibuu

    BalasHapus
  19. masyaAllah sangat menginspirasi sekali buuu😍

    BalasHapus
  20. masyaa allahh semangatt bu nd

    BalasHapus
  21. farell bryan rabbani20 Oktober 2024 pukul 23.30

    masyaa allahh semangatt bu nd

    BalasHapus
  22. Woww sangat memotivasi skli buu😍

    BalasHapus
  23. Keren sekali buuu sangatt teriinspirasiiii SEMANGATT TERUSS IBUU ND !!!!! mantappp

    BalasHapus
  24. KEREN SEKALI BUUU SEMANGATTTT

    BalasHapus
  25. menginspirasi sekali bu, semangat menebarkan ilmu bu

    BalasHapus
  26. keren bu ND jaya dan sukses selalu💪🏻💪🏻💪🏻

    BalasHapus
  27. Hanendi Farel Santauso20 Oktober 2024 pukul 23.57

    MasyaAllah sangat bermanfaat sekali, semangat selalu bu nd

    BalasHapus
  28. Farrel Abim Prasojo20 Oktober 2024 pukul 23.57

    Masyaallah luar biasa Bu

    BalasHapus
  29. mantap buuu sangat positive

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. mantapp Bu ND sangat bermanfaatt

    BalasHapus
  32. semangat selalu buuu

    BalasHapus
  33. keren bu selalu semangat dan berikan yang terbaik untuk kita semua

    BalasHapus
  34. Sukses selalu bu nd

    BalasHapus
  35. destika ayudya mahandari21 Oktober 2024 pukul 00.13

    wow! bu nd memang keren tiada tanding

    BalasHapus
  36. Bu ND, terima kasih atas komitmen Ibu untuk memberikan materi terbaik. Saya sangat menghargai usaha dan perhatian Ibu kepada kami.

    BalasHapus
  37. Bu nd terimakasih telah manjadi salah satu guru yang kritis semoga hal ini bisa meloloskan sampe level nasional

    BalasHapus
  38. MUHAMMAD FIRDAUS ARDIANSYAH21 Oktober 2024 pukul 00.23

    Tetap semangat

    BalasHapus
  39. Keren banget ibuuu

    BalasHapus
  40. Dalam materi yang Bu ND ajarkan ini, memang sangat bermanfaat karena semakin banyaknya penggunaan medsos. Btw, judulnya cantik, kaya Bu ND hihii😁

    BalasHapus
  41. Kerenn buu 🔥🔥

    BalasHapus
  42. Namanya unik-unik nggih buu jadi penasaran untuk baca artikelnyaa. Dan setelah akses, waahh informatif sekaliii untuk kami yang akrab dengan dunia teknologi. Dari artikel ini kami belajar bahwa tak selamanya teknologi membawa manfaat yang positif, terima kasih dan sukses selaluu buu nd🥰🥰😍🙌

    BalasHapus
  43. M. Ilham Pamungkas21 Oktober 2024 pukul 00.46

    Metode mengajar yang relevan untuk memaksimalkan Profil Pancasila murid dalam Kurikulum Merdeka ini, semoga Bu ND dapat selalu memberikan materi yang menyenangkan dan seru 😄

    BalasHapus
  44. terimakasih banyak untuk bu ND karena sudah memberikan materi yang sangat terbaikk

    BalasHapus
  45. Luar biasaa

    BalasHapus
  46. Keren banget Bu ND

    BalasHapus
  47. SANGAT LUAR BIASA BU ND, SEMOGA SUKSES SELALU

    BalasHapus
  48. semangat bu ND, percaya pasti bisa

    BalasHapus
  49. sangatt jelas penjelasanyaa bu, pastii bisaa bu nd

    BalasHapus
  50. Keren semangat terus ibuu🔥🔥

    BalasHapus
  51. pembelajaran yang sangat menarik pada masa kurikulum yang baru ini....

    BalasHapus
  52. Judul ajah udah keren apalagi isinya, lanjutkan Bu ❤️

    BalasHapus
  53. sukses selalu bu nd

    BalasHapus
  54. Semangat selalu Bu ND

    BalasHapus
  55. INFORMASI YANG DI BERIKAN JELAS DAN SEMOGA BERMANFAAT, trimakasih bu nd

    BalasHapus
  56. Kerennn sekalii buu Inovasii nyaa sangatt menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  57. keren bu,sukses selalu bu

    BalasHapus
  58. dyandra adhimas farel21 Oktober 2024 pukul 22.20

    sukses selalu bu

    BalasHapus
  59. mantap bu nd, sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  60. Mantapp sekali Bu nd, semangat teruss Bu nd

    BalasHapus
  61. menyalaa bu nd

    BalasHapus

CV dan Portofolio Sahabat Teknologi Jateng 2024

ND Edukasi - Berikut CV dan Portofolio Sahabat Teknologi Jateng 2024  Informasi Pribadi  Nama           : Nurhidayati  Unit Kerja    : SMAN ...