INOVASI PEMBELAJARAN
"Pembelok Berisik Nan CanTIK"
(Pembelajaran Berkelompok Berasa Asik dengan Kecanggihan TIK)
ND Edukasi- Praktik baik yang saya lakukan dan ditayangkan dalam video ini, merupakan implementasi pembelajaran berdiferensiasi, saya namakan "Pembelok Berisik Nan CanTIK" atau Pembelajaran Berkelompok Berasa Asik dengan Kecanggihan TIK.
Pemilihan pembelajaran berdiferensiasi ini karena terdapat perbedaan profil belajar murid yang ada di kelas. Harapannya melalui pembelajaran "Pembelok Berisik Nan CanTIK" ini proses pembelajaran akan menjadi lebih dinamis dan menyenangkan serta dapat mengkondisikan kebutuhan murid.
Pembelajaran berkelompok ini saya integrasikan dengan teknologi saat ini yang cukup canggih dan beragam. Platform digital yang saya gunakan yaitu Youtube, Platform Mengajar Merdeka (PMM), Quizziz, Media Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan Canva, dan aplikasi Pijar Sekolah.
Materi Pembelajaran : Dampak Sosial Informatika
fase / Kelas : F / XII
Tujuan Pembelajaran : Murid memahami penggunaan media sosial dengan benar dan edukasi kepada masyarakat tentang UU ITE
langkah-langkah :
Kegiatan yang dilakukan adalah guru mengobservasi profil dan kesiapan belajar murid terhadap materi yang akan dipelajari melalui asesmen awal pembelajaran.
Guru memilih strategi dan media pembelajaran dengan tujuan agar bisa mengakomodasi kebutuhan murid
1. Memilih Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Pembelajaran Berkelompok
Pembelajaran berdiferensiasi melalui metode diskusi kelompok merupakan pendekatan pembelajaran dimana murid berdiskusi dengan kelompoknya untuk menyelesaikan projek namun semua anggota kelompok terlibat dalam menyelesaikan projek tersebut.
Dalam metode ini, murid menghadapi suatu masalah untuk didiskusikan, dibahas, dan mencari solusi bersama. Proses pembelajaran metode diskusi kelompok ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.
Model pembelajaran ini memungkinkan guru lebih efektif dalam mengelola kelas dan murid saling membelajarkan sesama murid lainnya.
Inovasi pembelajaran yang telah saya lakukan adalah :
1. Kelas yang berisi 36 murid saya kelompokkan menjadi 6
2. Pembelajaran berbasis projek yang berbeda di setiap kelompoknya
3. Setiap anggota kelompok secara rinci dan jelas diberikan tugas masing-masing dan hanya bisa dikerjakan secara berkelompok namun memiliki tanggung jawab individu jadi nilai yang akan mereka dapatkan bukan ditentukan oleh kerja kelompok saja namun kualitas produk tetap menjadi tanggung jawab individu anggota kelompok itu sendiri.
Hal ini yang menyebabkan murid tidak mungkin mengandalkan kerja anggota kelompok lainnya namun harus mampu menyelesaikan sendiri.
Ini dimaksudkan agar membentuk profil pelajar pancasila yaitu gotong royong, mandiri, dan kreatif.
4. Produk yang dihasilkan harus dishare di whatsapp grup kelas agar kelompok lain bisa ikut menyimak karena setiap kelompok memiliki materi dan produk yang berbeda.
5. Presentasi produk yang mereka hasilkan di depan kelas dengan cara random sehingga semua anggota kelompok harus siap untuk presentasi tanpa mengandalkan anggota kelompok tertentu saja.
2. Menyiapkan Media Pembelajaran,
Beragam media pembelajaran yang saya sajikan di kelas adalah : video pembelajaran materi "Dampak Sosial Informatika" melalui platform PMM, presentasi (PPT), Media PembelajaranInteraktif (MPI) dengan Canva.
3. Menyiapkan Soal Asesmen,
Asesmen dilakukan pada akhir pembelajaran dan guru menyiapkan soal asesmen tersebut berbentuk asesmen sumatif menggunakan aplikasi Quizziz dan Pijar Sekolah.
Penyajian asesmen dilakukan dengan mode digital dan menggunakan HP murid masing-masing karena setiap murid fase F sudah memiliki sarana tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi metode diskusi kelompok mempunyai potensi besar untuk meningkatkan keterlibatan murid, merangsang motivasi belajar, membangkitkan minat, dan berfokus pada murid.
Berikut adalah beberapa kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan dan kegiatan yang mendukung aktivitas murid, menumbuhkan gotong royong (kerjasama), dan menarik bagi murid serta meningkatkan motivasi yaitu :
a. Interaksi dan Keterlibatan Murid,
Metode diskusi kelompok menciptakan ruang bagi murid untuk saling berinteraksi, bertukar ide, mengembangkan potensi berkomunikasi, memperdalam pemahaman, mencari solusi dari suatu masalah, dan pengambilan keputusan sehingga memungkinkan kesempatan keterlibatan murid.
b. Kerjasama dalam Kelompok,
Permasalahan yang muncul dan harus diselesaikan sangat membutuhkan kerjasama dalam kelompok.
c. Teknologi Mendukung dalam Meningkatkan Motivasi,
Perkembangan teknologi yang ada, sangat mendukung terselesaikannya masalah yang mereka hadapi. Ini mampu meningkatkan motivasi mereka dalam pembelajaran. Teknologi yang mereka gunakan memberi pengalaman yang lebih interaktif dan menarik
d. Mengintegrasikan Teknologi
Diskusi kelompok dengan mengintegrasikan teknologi digital memberikan variasi dalam proses pembelajaran, sehingga karakter generasi z yang mudah bosan mampu menjadi solusi dalam penggunaan teknologi tersebut dan bisa menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih kompleks serta dinamis.
- Pembelajaran kelompok yang saya lakukan ini berbeda dari pembelajaran yang dilakukan saya sebelumnya. Hal ini dipicu dari latar belakang dimana murid mengalami tingkat kebosanan tingkat akut karena merasa pembelajaran yang mereka alami monoton.
- Pembelajaran kelompok biasanya yang mengerjakan hanya anggota kelompok tertentu saja sedangkan anggota kelompok lainnya pasif.
- Beberapa murid mengeluh jika guru melakukan pembelajaran berkelompok justru mereka merasa malas karena jika kelompok terdiri dari 6 anggota hanya 2-3 anggota saja yang mengerjakan
- Hal itu saya atasi dengan memberikan rincian yang jelas apa saja tugas setiap anggota kelompok agar projek yang harus mereka hasilkan bisa dilakukan oleh semua anggota tanpa mengandalkan hanya anggota tertentu saja
- Presentasi yang mereka lakukan di depan kelas, biasanya diserahkan pada murid tertentu yang dianggap mampu berkomunikasi dengan baik sehingga anggota kelompok lain tidak berusaha untuk bisa melakukan hal yang sama
- Namun pembelajaran kelompok yang saya lakukan, menuntut semua murid mampu mempresentasikan di depan kelas dan harus mempelajari materi yang akan dipresentasikan tanpa mengandalkan temannya yang biasa melakukan presentasi
- Hal ini karena presentasi dilakukan sistem random siapa yang harus maju mempresentasikan
- hasilnya luar biasa, dari 6 kelompok tersebut 4 kelompok mampu mempresentasikan dengan sangat baik
- selama proses pembelajaran tidak ada murid yang menganggur dan mengantuk seperti pembelajaran sebelumnya
- dukungan sarana dan prasarana serta penggunaan kecanggihan teknologi yang ada membuat pembelajaran berkelompok ini menjadi lebih asik dan dinamis
- Kesimpulan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi melalui pembelajaran berkelompok adalah model pembelajaran yang berpotensi besar dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif, meningkatkan interaksi komunikasi yang efektif, dan memberikan nuansa dinamis dan menarik.
Judulnya keren, Bu. Isinya pun ngga kalah keren...
BalasHapusbismillah semoga sukses bu ND..jangan patah semangat dan selalu bersyukur
BalasHapusJudulnya unik-unik nggih buu, sangat kreatif dan inovatif
BalasHapuskeren sekalii judulunya buu...
BalasHapussangat inspiratif sekali buuuuu
BalasHapussemangat terus bu ND!!
BalasHapusSangat Unik Sekali Judul beserta isinya, Sangat Inspiratif, Semangat Bu ND!!!!!!
BalasHapusMasyaAllah.... inovasi pembelajaran yang sangat menarikk
BalasHapusSangat menginspirasi dan kreatif ibuu, semangat bu nd
BalasHapussukses selaluuu ibuuu semangatt
BalasHapusPraktik baik dan pembelajaran diferensiasi yang sangat bermanfaat, masya Allah... Sukses selalu...
BalasHapusKreatif sekaliiii dan sangat menginspirasi Ibuuuu
BalasHapusKreatif dan inovatif bu ND kerenn
BalasHapusSangat kreatif Bu Nd
BalasHapusbu nd selalu menginspirasii, hebatt
BalasHapuswahhh keren bu ND
BalasHapussemangat ibuu,keren sekali selalu memotivasi
BalasHapussemangat ibu sangat memotivasi banget keren sekali
BalasHapusMasya Allah Masya Allah 💖💖💖
BalasHapussangat memotivasi kita semua apa yang disampaikan
BalasHapusSemangat terus ibuu
BalasHapusmasyaAllah sangat menginspirasi sekali buuu😍
BalasHapusmasyaa allahh semangatt bu nd
BalasHapusmasyaa allahh semangatt bu nd
BalasHapusWoww sangat memotivasi skli buu😍
BalasHapusKeren sekali buuu sangatt teriinspirasiiii SEMANGATT TERUSS IBUU ND !!!!! mantappp
BalasHapusKEREN SEKALI BUUU SEMANGATTTT
BalasHapusmenginspirasi sekali bu, semangat menebarkan ilmu bu
BalasHapuskeren bu ND jaya dan sukses selalu💪🏻💪🏻💪🏻
BalasHapusMasyaAllah sangat bermanfaat sekali, semangat selalu bu nd
BalasHapusMasyaallah luar biasa Bu
BalasHapusIlham A
BalasHapusmantap buuu sangat positive
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmantapp Bu ND sangat bermanfaatt
BalasHapussemangat selalu buuu
BalasHapusSangat terinspirasi keren sekali
BalasHapusfireeeeeee bu ndd
BalasHapuskeren bu selalu semangat dan berikan yang terbaik untuk kita semua
BalasHapusSukses selalu bu nd
BalasHapuswow! bu nd memang keren tiada tanding
BalasHapusBu ND, terima kasih atas komitmen Ibu untuk memberikan materi terbaik. Saya sangat menghargai usaha dan perhatian Ibu kepada kami.
BalasHapusBu nd terimakasih telah manjadi salah satu guru yang kritis semoga hal ini bisa meloloskan sampe level nasional
BalasHapusTetap semangat
BalasHapusKeren banget ibuu
BalasHapusKeren banget ibuuu
BalasHapusDalam materi yang Bu ND ajarkan ini, memang sangat bermanfaat karena semakin banyaknya penggunaan medsos. Btw, judulnya cantik, kaya Bu ND hihii😁
BalasHapusKerenn buu 🔥🔥
BalasHapusNamanya unik-unik nggih buu jadi penasaran untuk baca artikelnyaa. Dan setelah akses, waahh informatif sekaliii untuk kami yang akrab dengan dunia teknologi. Dari artikel ini kami belajar bahwa tak selamanya teknologi membawa manfaat yang positif, terima kasih dan sukses selaluu buu nd🥰🥰😍🙌
BalasHapusMetode mengajar yang relevan untuk memaksimalkan Profil Pancasila murid dalam Kurikulum Merdeka ini, semoga Bu ND dapat selalu memberikan materi yang menyenangkan dan seru 😄
BalasHapuskeren bu ND
BalasHapusterimakasih banyak untuk bu ND karena sudah memberikan materi yang sangat terbaikk
BalasHapusLuar biasaa
BalasHapusKeren banget Bu ND
BalasHapusSANGAT LUAR BIASA BU ND, SEMOGA SUKSES SELALU
BalasHapussemangat bu ND, percaya pasti bisa
BalasHapussangatt jelas penjelasanyaa bu, pastii bisaa bu nd
BalasHapusKeren semangat terus ibuu🔥🔥
BalasHapuspembelajaran yang sangat menarik pada masa kurikulum yang baru ini....
BalasHapusJudul ajah udah keren apalagi isinya, lanjutkan Bu ❤️
BalasHapussukses selalu bu...
BalasHapusWahh keren banget buuu
BalasHapussukses selalu bu nd
BalasHapusSemangat terus bu, sukses selalu
BalasHapusSemangat selalu Bu ND
BalasHapusSEKSES BU
BalasHapussemangat bu nd
BalasHapussemangat bu ND
BalasHapusSemangat Bu
BalasHapusINFORMASI YANG DI BERIKAN JELAS DAN SEMOGA BERMANFAAT, trimakasih bu nd
BalasHapusSukses selalu Ibuuu....
BalasHapusKerennn sekalii buu Inovasii nyaa sangatt menarik untuk dibaca
BalasHapusKerennn bu, sukses selalu bu nd
BalasHapuskeren bu,sukses selalu bu
BalasHapussukses selalu bu
BalasHapuskeren poll bu
BalasHapuskerenn semangat ya bu
BalasHapusmantap bu nd, sangat bermanfaat..
BalasHapusMantapp sekali Bu nd, semangat teruss Bu nd
BalasHapusMantap sekali Bu nd
BalasHapusmenyalaa bu nd
BalasHapus